Penasaran kenapa nama blog ini "Music Online 88"? klik disini untuk penjelasanya :D

Dampak positif dari musik terhadap kesehatan

Telah lama diketahui, musik menjadi media penenang psikologi manusia. Terhitung sejak masa filosof Yunani kuno, Plato dan Aristoteles. Rupanya banyak fakta seputar keampuhan musik bagi hajat hidup penghuni bumi. Berikut fakta lainnya:
  1. Bila dimainkan sesuai dengan susunan interval dan ritmenya, musik memiliki refleksi khusus yang bisa merangsang sel-sel saraf sehingga perasaan manusia bisa diperlemah, diperkuat ataupun dialihkan. Pengaruh itu bahkan telah dibuktikan secara ilmiah di sepanjang fase kehidupan manusia, mulai dari masa di embrio hingga masa senja.
  2. Musik berpengaruh pada sistem saraf sensorik-motorik, sistem saraf sadar, dan sel saraf lain. Dasar ini dijadikan metode penyembuhan baru pada gangguan mental di kalangan anak-anak cacat mental. Musik juga bisa meningkatkan rasa percaya diri dan mengontrol tindakan hyperaktif di kalangan anak-anak cacat mental serta bisa menciptakan perubahan mental dan perilaku yang signifikan.
  3. Samuel Halim menemukan bahwa efek Mozart dapat membantu penyembuhan penyakit Alzheimer (Sakit yang biasa diderita oleh lanjut usia ditandai dengan susah berjalan, bicara, jarang bergaul). Peneliti lainnya, Campbell, menemukan bahwa musik klasik membantu penyembuhan penyakit stress, kanker, dyslexia, dan tekanan darah tinggi. Musik klasik yang dimaksud adalah The Ultimate Mozart Album, Maksim, The Most Relaxing Classical Album in The World Ever.
  4. Peneliti dari Cleveland Clinic mengatakan, mendengarkan musik selama satu jam sehari bisa mengurangi rasa sakit kepala hingga 20 persen. Musik juga dinyatakan bisa mengurangi penggunaan obat penghilang rasa sakit sebelum dan sesudah operasi. Menurut profesor di bidang terapi musik dari Arts and Quality of Life Research Center di Temple University, Cheryl Dileo, musik menstimulasi pelepasan zat kimia otak yang berfungsi menutupi rasa sakit.
  5. Penderita insomnia yang mendengarkan pianio klasik selama empat minggu mengalami perbaikan tidur. Terapi inimeningkatkan kadar melatonin, zat kimia otak yang mendorong tidur nyenyak.
  6. Mendengarkan musik riang bisa meredakan gejala-gejala depresi hingga 25 persen.
  7. Musik New Age bisa mengurangi kadar hormon stres cortisol.
  8. Menurunkan tekanan darah dan mengusir keletihan saat berolahraga.
  9. Musik juga merangsang pembentukkan sel-sel otak janin saat di dalam kandungan sang Ibu.

Related Post:


2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...