Penasaran kenapa nama blog ini "Music Online 88"? klik disini untuk penjelasanya :D

Cajon

Cajon (Spanyol pengucapan: [kaxon], 'peti', 'laci', atau 'kotak') adalah semacam alat perkusi yang biasanya berbentuk kotak yang dimainkan dengan menepuk permukaan depan (umumnya permukaan yang tipis seperti tripleks) dengan tangan.
Cajon berasal dari Peru, dibangun di pantai Peru pada tahun 1800an, dan mulai menyebar pada tahun 850an, cajon ini sering kita temui di Amerika terutama di Kuba, orang-orang kuba menggunakan cajon pada musik/tarian yang berirama Afro-Kuba dan rumba, sementara di Peru digunakan dalam musik beraliran Afro-Peru.
Penggunaan awal Cajon Peru adalah untuk mengiringi Tondero dan Zamacueca (versi lama Marinera) tarian.
Ada teori mengatakan, cajon dibuat dengan bentuk kotak adalah bertujuan agar dapat disembunyikan dari kolonial Spanyol atas larangan musik diwilayah Afrika, maka orang2 Afrika menyamarkan cajon sebagai kursi atau bangku, sehingga tidak terindentifikasi sebagai alat musik.
Cajon modern sering dipakai untuk mengiringi gitar akustik dan muncul di tahap-tahap di seluruh dunia musik kontemporer. Matt Krueger, Royal Flush and the Jacks of All Trades, Nine Mile, Fightstar, Jennifer Lopez, The Dixie Chicks, Vince Gill, Ozomatli, Fleetwood Mac, Alejandro Sanz dengan Destiny's Child, Los Lobos, Eric Clapton, Anastacia, Atom Willard, Ben Harper, Lady Danville, Nada Surf, Ben Folds, Violent Femmes, Gaelic Storm, Sara Groves, Scott Matthews, Gipsy Kings, Red Ingin Blue, Sandi Thom, Megson, Tyrone Wells dengan Mark Chipello, Zack Raja, Boyce Avenue, Estopa, Norah Jones, Seth Lakeman, The Corona, dan Tom Baxter memiliki semua fitur baru Cajon baik di panggung atau televisi, dan beberapa telah menggunakannya dalam rekaman album mereka.
Karena telah banyak tersebar di seluruh dunia, tidak hanya percussionists, tapi juga musisi lainnya yang mulai memainkan Cajon. Alat ini tidak hanya digunakan dengan menggunakan tangan saja, tapi juga dengan menggunakan stick brushes, seperti yang biasa digunakan untuk drum. Cara lain untuk memainkan Cajon adalah dengan menggunakan pedal biasa untuk bass drum, dengan demikian mengubah Cajon menjadi instrumen perkusi tidak langsung
Bentuk dan ukuran Cajonpun bervariasi
Cara memainkan Cajon adalah dengan duduk diatasnya, bagian depan Cajon biasanya lebih tipis dari sisi yang lain, bagian itulah yang bisa menghasilkan suara jika kita tepuk, pada dasarnya ada 3karakter suara yang dikeluarkan, yaitu tone, bass, dan slap.

Related Post:


0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...