Penasaran kenapa nama blog ini "Music Online 88"? klik disini untuk penjelasanya :D

Contoh Kasus Bash Script

Nah, sekarang ada contoh kasus nih.
Misalkan kamu seorang dokter yang harus mengontrol pasien-pasien.
Data pasien kamu sudah tersedia di website rumah sakit nih, tinggal di download
Gimana cara membuat program yang dapat membuat folder otomatis (sesuai tanggal hari ini), dan me rename file data pasien (sesuai jam), sehingga file-file terorganisir dengan sistematik?

Menggunakan bash scripting, hal tersebut sangat mudah di lakukan. Dengan syarat, kalian tentunya perlu mempelajari beberapa syntaxnya terlebih dahulu.

Bash scriptnya adalah:
#-------------------------------------------------
#!/bin/bash
tanggal=`date +"%d_%m_%Y"`
jam=`date +"%H_%M_%S"`

mkdir $tanggal
cd $tanggal
wget "http://10.151.36.201/sisop/jadwal.txt"
mv jadwal.txt $jam
#-------------------------------------------------

Pada contoh bash di atas, website rumah sakit tempat file berada adalah "http://10.151.36.201/sisop/jadwal.txt"

Penjelasan tiap command
mkdir -> make directory (membuat folder dengan nama tertentu)
cd -> change directory (masuk kedirektori yang di maksud)
wget -> get file from web (download file)
mv -> move or rename file

Ketika di run, akan muncul folder (tanggal hr ini) dengan file (jam sekarang) didalamnya.
File tersebut merupakan informasi data pasien.






Isi file tersebut adalah jadwal kontrol dari 5 pasien
Anggaplah pasien hanya dapat meminum obat dari jam 6 pagi hingga jam 12 malam.
Dan pasien diharuskan meminum 1 obat setiap 3 jam. Nah, file yang tadi di download tersebut memuat beberapa list waktu.
Sekarang, anda memerlukan suatu program yang dapat memberitahukan anda sudah berapa banyak obat yang di minum pasien A, B, C, D, dan E pada jam tertentu.
Program tersebut kemudian dapat menambah keterangan pada file yang telah di download.

Gimana cara membuatnya ? Dengan bash scripting, anda cukup melakukan beberapa operasi sederhana :

#-----------------------------------------------------------------
#!/bin/bash

dir=$(date +"%d_%m_%Y")
cd $dir
filename=$(ls -t | head -1)

#variabel char memuat nama pasien
char=(A B C D E)

#variabel arr akan menyimpan jadwal ke sebuat array
arr=(`cat $filename`)

text=(`cut -c1-2 $filename`)
mark=0

for line in ${text[*]};
do
line=${line#0}
obat=0
if [ $line -ge 6 ];
then
let obat=line-6
let obat=(obat/3)+1
fi
echo ${arr[mark]} - Pasien ${char[mark]} Sudah Minum $obat obat >> jadwal.txt
let mark=mark+1
done

rm $filename
mv jadwal.txt $filename
#-----------------------------------------------------------------

Setelah di jalankan, program tersebut akan menambah keterangan pada file :

Dengan program ini, kamu sebagai dokter akan semakin terbantu dalam mengontrol pasien yang banyak.

Related Post:


2 comments:

  1. Replies
    1. kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
      berikan 4 angka 4670 alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
      sekali lagi makasih banyak ya AKI bagi saudara yang suka main togel
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,di no (((082-313-336-747)))
      insya allah anda bisa seperti Saya menang togel 689
      juta, wassalam.


      dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....


      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!

      1"Dikejar-kejar hutang

      2"Selaluh kalah dalam bermain togel

      3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel

      4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat

      5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
      tapi tidak ada satupun yang berhasil..


      Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKI SOLEH akan membantu
      anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
      butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
      100% jebol
      Apabila ada waktu
      silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: (((082-313-336-747)))


      KLIK DISINI BOCORAN TOGEL HARI INI


      angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/

      angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/

      angka GHOIB; malaysia

      angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/


      angka GHOIB; laos






      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...