Penasaran kenapa nama blog ini "Music Online 88"? klik disini untuk penjelasanya :D

Giving My Best (GMB)


Bagi sebagian penggemarnya, GMB kini sedang di persimpangan jalan. Masuknya Bams ‘Samson’ menggantikan Sidney Mohede sebagai lead vocal, kurang mendapat tempat di hati sebagian penggemarnya. Selama vokalisnya ‘kurang jelas’, GMB masihlah personifikasi dari Sidney Mohede.
Berita keluarnya Sidney Mohede dari GMB hingga kini masih membuat banyak penggemar sedih. Pertanyaan ‘Mengapa Sidney Mohede sang vokalis mengundurkan diri dari GM
B?’ mengemuka di gereja-gereja, komunitas-komunitas anak muda Kristen hingga ke forum-forum di dunia maya.
Dari beberapa sumber yang beredar di internet, Sidney mengundurkan diri dari GMB sejak Desember 2007 lalu karena Sidney ingin lebih fokus kepada keluarga dan gerejanya. Sumber lain juga menambahkan, Sidney ingin fokus di Oxygen (Youth Pastor) dan beberapa pelayanan yang ingin ia kerjakan. Baca lebih lengkap di http://ww
w.myspace.com/sidneymohede.
Saya sendiri baru benar-benar ‘ngeh’ soal hengkangnya Sidney ini (saya kira cuma rumor) setelah membeli dan mendengar album ‘Stand Out!’ (2008). ‘Kok suara vokalisnya lain?’ tanya saya waktu itu. Rupanya, GMB ‘memungut’ Bams yang selama ini dikenal sebagai lead vocal di band sekuler ‘Samson’.
Jelas, saya kecewa membeli dan mendengar lagu-lagu di album ‘Stand Out!’. Secara esensi, GMB kehilangan ‘sentuhannya’. Bagi saya, album itu kering dan terasa artifisial. Kata-kata ‘praise & worship’ dalam setiap lagu terasa cuma manis di mulut. Hadirat Tuhan hengkang entah ke mana. Yang terasa cuma ‘upaya manusia’ lewat aransemen musik dan vokal yang dibuat se-impresif mungkin.
Di sisi lain, saya mempertanyakan keputusan GMB menjadikan Bams lead vocal padahal di mata publik, eksistensi, originalitas, dedikasi, dan buah kehidupannya sebagai seorang murid Kristus masih dipertanyakan. Kalau tujuannya untuk menunjukkan GMB masih eksis sekaligus menarik lebih banyak fans karena memiliki lead vocal yang sudah beken, saya pikir hal ini perlu dipertimbangkan lagi. Bagi saya, selama vokalisnya ‘kurang jelas’, GMB masihlah personifikasi dari Sidney Mohede. Well, that’s my opinion.
Oh ya, bagi Anda yang kurang mengenal GMB, ini ada sedikit sejarahnya (saya terjemahkan). Band kristen ini pertama kali merebut hati para pendengarnya setelah merilis album pertama bertajuk "Kub’ri Yang Terbaik" pada tahun 1996. Album terbarunya dirilis tahun 2008 berjudul ‘Stand Out’.
Awalnya, sekelompok anak muda yang suka musik dan menyanyi berkumpul dalam sebuah proyek yang disebut ‘Youth Ministry’. Proyek ini merupakan konser live recording untuk anak-anak muda Indonesia. Mereka terdorong membuat proyek ini karena melihat minimnya pelayanan yang menjangkau anak muda Indonesia lewat musik. Mereka merasa terpanggil untuk memberikan talenta mereka di bidang musik bagi kemuliaan Tuhan.
Pada April 1996, anak-anak muda ‘yang bukan siapa-siapa’ ini: Sidney Mohede (worship leader), Pongky Prasetyo (keyboard), Joseph Djafar, Darana, Rensis Wenas (bass), Amos Cahyadi (drum), Adi Prasodjo (perkusi), beberapa musisi lainnya dan kurang lebih 18 backing vocals (Jeffry S. Tjandra, Viona Paays, Sammy Mandik dan Farah Pattisalamauw yang sudah sangat dikenal sebagai penyanyi Kristen di Indonesia) berkumpul bersama, untuk mengukir sejarah. Konser live recording bertajuk ‘Giving My Best’ (Kuberi yang Terbaik) digelar di Hotel Red Top, Jakarta.
Album pertama mereka ini menjadi pembuka jalan dalam menjangkau anak-anak muda Indonesia, mengabarkan kabar baik bahwa di dunia yang serba kontemporer ini, Tuhan itu nyata dan masih menyentuh kehidupan mereka. Album ‘Giving My Best’ menjadi album rohani terlaris dalam sejarah musik Kristen Indonesia.
Pada awalnya, mereka tidak pernah mempunyai nama yang spesifik selain bernaung dalam bendera ‘Youth Ministry’. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, para pendengar dan penggemar mulai melabeli mereka dengan ‘GMB’ atau ‘Giving My Best’ (diambil dari judul album pertama). Perlahan-lahan, label itu semakin paten dan menjadi nama ‘resmi’ dalam langkah penjangkauan mereka selanjutnya.
Bertahun-tahun kemudian, beberapa personil GMB memilih jalannya sendiri. Sebagian memilih mengejar panggilan Tuhan dengan menjadi produser atau arranger. Sidney, Pongky, Amos dan Adi tetap setia dalam visi dan misi GMB dan mulai merekrut musisi-musisi berkualitas seperti Daniel Sigarlaki (gitar) dan Jeffry Hermanto (bas). GMB juga pernah berkolaborsi dengan musisi Indonesia lainnya seperti Dewa Budjana (Gigi), Hendry Lamiri (violinist) dan DJ. Tius (Saint Loco).
Selama 13 tahun terakhir, GMB telah menjangkau anak-anak muda lewat pujian dan penyembahan di Asia, Australia, Eropa dan Amerika. Sesuai dengan tajuk album 2004 mereka, Nothing Is Ever Impossible, GMB menunjukkan bahwa bersama Tuhan tiada yang mustahil.
Musik: Personil Lama Giving My Best (GMB)

Giving My Best (GMB) Band

Personil:
  • Bams – lead vocal.
  • Daniel Sigarlaki – guitarist.
  • Amos Cahyadi – drummer.
  • Adi Prasojo – percussion.
  • Joseph S. Djafar – keyboard and arranger.
  • Jeffrey Hermanto – bass.
Personil yang sudah keluar:
  • Sidney Mohede – lead vocal.
  • Pongky I. Prasetyo – keyboard and arranger.
  • Rensis Wenas – bass.
GMB Discography
  1. Kub’ri Yang Terbaik – 1996
  2. Mereka Perlu Kasih Tuhan – 1997
  3. Sekarang !!! – 1998
  4. Rise Up – 1999
  5. Follow – 2001
  6. Atmosphere – 2003
  7. Nothing Is Ever Impossible – 2004
  8. Worship Project – 2005
  9. The Best Is Yet To Come – 2006
  10. Life Is Calling – 2007
  11. Stand Out – 2008
sumber: http://www.unitedfool.com

Related Post:


2 comments:

  1. Tadi siang saya dengar lagu mereka yang 'Atmosphere', jadi rindu masa-masa itu... Kalau sekarang, mimin punya rekomendasi musik baru yang menggugah gak?

    ReplyDelete
  2. Hanya Tuhan Yang tahu sob, jangan menilai seseorang dari masa lalunya, bukan hanya Bams yang gitu kok, kalo kita lihat Citra skolastika,Adon,Billy Simpson,Mike mohede,Judika,Delon, dan masih banyak lagi smuanya punya latar belakang yang sama dengan Bams.. so saya rasa kurang tepat kalo anda katakan Bams kurang cocok menggantikan Bahkan gabung dalam Group GMB, semuanya pasti sudah melalui pembicaraan yang matang. God Bless

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...