Cara pengoperasiannya :
Matic
anda tinggal injak pedal gas atau injak rem , hanya dengan satu kaki
yakni kaki kanan , jangan sekali-kali menggunakan dua kaki seperti mobil
manual. Pada mobil dengan trarnsmisi manual , kedua kaki anda aktif,
kaki kiri untuk menginjak pedal kopling, kaki kanan untuk menginjak rem
atau gas.
Jadi
pada mobil matic, kaki kiri anda bebas sama sekali, sedang tangan kiri
anda juga bebas , kecuali anda mundur , parkir, dan pertama kali
bergerak maju.
Sistem kerja dari versnelling matic dan manual, ada beberapa perbedaan , tetapi yang inti adalah pada sistem matic perpindahan gigi diatur oleh ECU ( sistem matic sekarang yg sudah canggih)
Matic
atau Transmisi kecepatan automatic , fungsi kecepatan putaran
disesuaikan secara automatic dengan putaran mesin atau di jalan menurun
dengan putaran mesin rendah , oleh karena ada gaya dorong dari berat
kendaraan sehingga akan terjadi percepatan secara automatic. Manual atau
Transmisi , Fungsi kecepatan kendaraan disesuaikan dengan putaran mesin
dan diatur secara manual dan bertahap , pada jalan menurun dengan
putaran mesin rendah transmisi manual dapat menjadi alat bantu
pengereman atau menahan laju kenderaan. Kenderaan matic simple dan
pemakaian kampas rem agak berlebih , hati-hati pada jalan licin dan
berlumpur.
Perbedaan yang paling jelas adalah:
Mobil
matic merubah rasio transmisi daya dari mesin menuju ke roda secara
otomatis untuk meningkatkan kenyamanan pengemudi maupun penumpang.
sedangkan Mobil manual memungkinkan pengemudinya untuk mengatur sendiri
rasio putaran mesin terhadap roda untuk mendapatkan laju mobil yang
diinginkan.
Berikut penjelasan singkatnya:
Pada
mobil matic, perpindahan rasio transmisi dikerjakan oleh sistem robotik
dengan memperhitungkan berbagai parameter. diantaranya, putaran mesin,
pijakan pedal gas, kecepatan, dan parameter yang lainnya. jadi,
pengemudi tidak lagi diributkan dengan takometer, speedometer, pedal
kopling dan 4 hingga 6 tingkat percepatan saat melaju di jalanan.
pengemudi hanya perlu memindahkan tuas trasnsmisi pada posisi ‘D’ dan
injak pedal gas sejak mobil berhenti hingga kecepatan maksimal dari
mobil tersebut.
Pada
mobil manual, rasio perbandingan putaran antara mesin dan roda diatur
oleh barisan roda gigi yang memiliki rasio berbeda-beda didalam sebuah
box transmisi. dari dalam transmisi tersebut, terdapat tuas yang biasa
anda gerakkan ketika anda ingin menambah gigi untuk mendapatkan rasio
yang lebih berat saat berakselerasi. tuas tersebut mengatur pasangan
roda gigi mana yang digunakan pada tiap-tiap tingkat percepatan yang
dipilih oleh pengemudi. jadi pengemudi harus berkonsentrasi pada putaran
mesin dan memindahkan gigi transmisi disaat yang tepat untuk melakukan
akselerasi mulai berhenti hingga kecepatan yang diinginkan. Itulah
perbedaan mendasar pada mobil manual dan mobil matic.
Tambahan:
Ada
juga sistem transmisi semi otomatis. dimana perpindahan gigi dilakukan
oleh aktuator robotik. akan tetapi pemilihan percepatan tetap diserahkan
pada pengemudi. Dengan demikian perpindahan rasio dapat terjadi dengan
cepat dan halus, akan tetapi performa mesin masih dapat dikail hingga
RPM mesin yang diinginkan dengan memilih tingkatan rasio secara manual.
Contoh mobil dengan transmisi semi otomatis:
- Nissan GT-R
- Mitsubishi Lancer Evolution X
Contoh mobil dengan transmisi semi otomatis:
- Nissan GT-R
- Mitsubishi Lancer Evolution X
mobil
matic tidak ada pedal clutch karena itu kaki kiri kita tidak perlu
menginjak. ini sangat membantu orang yang cacat atau lumpuh sebelah kaki
(terutama kaki kiri, untuk stir kanan).sedangkan mobil manual harus
menggunakan kedua kaki, yakni kaki kiri untuk injak pedal clutch dan
kaki kanan injak pedal gas atau rem.untuk persnelling mobil matic
bekerja secara otomatis pada setiap pencapaian kecepatan dan
pengoperasiannya hanya mengikuti kondisi jalan.Sedangkan mobil manual
menggerakkan persnelling diikuti penginjakan pedal clutch.
Mobil
manual menggunakan sistem transmisi yang digerakan oleh manusia. Jadi
manusia sebagai sumber utama penggerak transmisi. Mobil matic
menggunakan sistem transmisi matic yang digerakan otomatis oleh mesin
itu sendiri. Jadi didalam mesin mobil tsb sistem kopling dan transmisi
bekerja otomatis karena ada komponen yang jumlahnya lumaya banyak yaitu
sbb :
1. Torque Konverter
2. Stator
3. Turbine
4. Manual shift linkage
5. valve body
6. oli ATF
7. clutch
8. gir planetary (CVT)
9. DLL…
2. Stator
3. Turbine
4. Manual shift linkage
5. valve body
6. oli ATF
7. clutch
8. gir planetary (CVT)
9. DLL…
kalau mobil manual sistem transmisinya sedikit :
1. rumah kopling
2. kampas kopling
3. plat kopling
4. dll…
1. rumah kopling
2. kampas kopling
3. plat kopling
4. dll…
Cek TKPnya : http://menujuhijau.blogspot.com/2012/03/perbedaan-antara-mobil-matic-dengan.html#ixzz1oK02G8fE
0 komentar:
Post a Comment