Penasaran kenapa nama blog ini "Music Online 88"? klik disini untuk penjelasanya :D

10 Makhluk Legenda yang Menyeramkan

























Latar belakang kebudayaan bangsa yang berbeda, menghasilkan kisah-kisah unik yang berbeda pula. Di antara kisah-kisah tersebut, banyak tokoh-tokoh yang menyeramkan,  yang biasanya memiliki peran jahat, bahkan sampai ditakuti oleh orang yang fobia terhadap hal tersebut.
Cerita rakyat dari berbagai bangsa tersebut terus menerus bertahan baik melalui lisan atau pun tulisan, dan hingga kini karakternya menjadi bervarisasi karena disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan zaman. Berikut di bawah ini adalah 10 jenis makhluk yang terkenal dalam banyak legenda-legenda terkenal di dunia. Semoga bermanfaat.
1. Oni (Jepang)
Oni, penggambaran tentang makhluk ini sangat bervariasi tetapi mereka biasanya digambarkan sebagai sosok yang mengerikan, makhluk-makhluk raksasa dengan cakar yang tajam, rambut gondrong, dan dua tanduk panjang yang tumbuh dari kepala mereka. Mereka digambarkan layaknya makhluk mirip manusia, tapi kadang-kadang, mereka ditampilkan dengan fitur-fitur yang tidak alami, seperti matanya yang ganjil atau tambahan jari tangan dan kaki.

Kulit mereka memiliki warna yang lain dari kulit manusia, dan warna merah atau biru adalah warna yang paling umum untuk penggambaran mereka. Penampilan garang mereka diperkuat oleh cakar harimau cawat yang menghiasi jarinya serta biasanya mereka membawa besi dan gada di genggamannya. Dalam penggambarannya sebagai sosok yang menakutkan, ada beberapa hal yang sangat jelas kemiripannya di sini untuk penggambaran sebagai setan dalam tradisi Yahudi-Kristen.

2. Ogre (Perancis)

Seorang raksasa yang besar dan mengerikan, mirip manusia tapi dengan perawakan tinggi-besar. Raksasa ini sering digambarkan dalam dongeng dan cerita rakyat di mana mereka suka memangsa manusia, dan keberadaan mereka telah lama muncul dalam banyak karya sastra klasik. Raksasa ini sering digambarkan dengan kepala besar, berlimpah rambut dan janggut di wajahnya, perut besar, dan tubuh yang kuat.

3. Vampir (Slavia)
Vampir adalah makhluk yang terkenal hidup dari darah manusia, tetapi dalam beberapa kasus mungkin juga memangsa binatang. Meskipun vampir memiliki karakteristik yang berbeda, tergantung siapa yang membawakan cerita, tetapi dalam banyak kasus, mereka digambarkan sebagai mayat-mayat yang hidup dan memakan darah makhluk hidup lainnya untuk mempertahankan hidupnya.

Istilah vampir ini dipopulerkan pada awal abad ke-18 dan muncul dari cerita rakyat di tenggara Eropa, khususnya negara-negara Balkan dan Yunani. Vampir yang berupa mayat hidup umumnya digambarkan sebagai makhluk menyeramkan yang mengunjungi orang-orang yang pernah dikasihinya dan menyebabkan kerusakan atau kematian di lingkungan sekitar mereka tinggal. Mereka mengenakan jubah, tidak tahan sinar matahari dan sering wajahnya tekadang digambarkan agak berwarna kemerahan.
4. Mumi (Mesir)
Mumi adalah mayat yang kulit dan dagingnya telah kering karena diawetkan dengan baik menggunakan bahan kimia tertentu, dengan disimpan pada suhu kelembaban yang sangat rendah, bahkan dengan sedikit kadar udara. Mumi menjadi populer dari kisah kutukan yang berkaitan dengan pelanggaran atas aturan dari tulisan yang terpahat dari makam mumi tersebut atau aturan yang pernah dibuat dari orang yang menjadi mumi itu sendiri.

Kisah-kisah mengenai kutukan ini akhirnya mengarah pada pandangan fiksi modern yang menggambarkan mumi dapat hidup kembali dan meneror orang yang merusak makamnya.

5. Werewolf (Jerman)

Werewolf adalah makhluk mitologis yang menyeramkan, digambarkan sebagai orang dengan kemampuan untuk berubah menjadi serigala, akibat terkena sihir atau karena terkena kutukan. Penulis sejarah abad pertengahan, Tilbury Gervase, menjelaskan werewolf merupakan manusia yang dapat bertransformasi ketika muncul bulan purnama. Ada pula bukti bahwa legenda mengenai werewolf ini ada hubungannya dengan legenda dari Yunani Kuno, di mana tokoh seperti ini pernah muncul dalam tulisan-tulisan Petronius.

6. Goblin (Anglo-Saxon)
Goblin adalah sosok yang jahat, pemarah, atau makhluk nakal yang sering muncul dari banyaknya cerita rakyat. Dia sering digambarkan sebagai manusia cacat yang mengerikan seperti hantu. Goblin memiliki tubuh mulai dari ukuran kurcaci sampai setinggi manusia. Mereka sering disebut memiliki kemampuan khusus, temperamen tinggi dan mengenai penampilan tergantung pada kebudayaan cerita dan negara berasal.

Goblin diklasifikasikan sebagai makhluk kecil menyebalkan yang sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Keltik.

7. Ghoul (Timur Tengah)
Ghoul adalah setan yang berasal dari cerita rakyat Arab kuno, yang mana para ghoul ini tinggal di kuburan dan tempat-tempat tak berpenghuni. Dalam cerita rakyat Arab kuno, mereka mampu berubah bentuk layaknya kisah-kisah yang menceritakan tentang jin. Adanya kepercayaan tentang ghoul ini membuat pelancong waspada ketika berada di padang gurun yang didasari kehadiran ghoul yang dapat membunuh dan memangsa mereka. Makhluk ini juga dikisahkan sering memangsa anak-anak kecil, merampok kuburan serta memakan mayat.

8. Banshee (Keltik)
Menurut legenda, makhluk mirip setan ini sering melolong di sekitar rumah jika ada seseorang yang akan segera mati. Ketika banyak Banshees yang muncul sekaligus, ini menunjukkan kematian tentang orang hebat atau suci. Terkadang kisah-kisah menceritakannya berbentuk seperti wanita, meskipun tampak seperti peri, sesungguhnya mereka adalah hantu. Banshees sering digambarkan sebagai berpakaian putih atau abu-abu, dan seringkali memiliki rambut panjang yang mereka sikat dengan sisir perak. Cerita-cerita lain terkadang menggambarkan Banshees sebagai berpakaian hijau, merah atau hitam dengan jubah abu-abu.

9. Gorgon (Yunani)
Dalam mitologi Yunani, Gorgon adalah wanita jahat, seorang raksasa dengan taring tajam dan rambut hidup berbentuk ular berbisa. Gorgon kadang-kadang digambarkan sebagai memiliki sayap emas, cakar yang mengkilat, dan taring yang menyeramkan. Menurut mitos, seseorang yang bertatap wajah dengan seorang Gorgon, maka sesegera mungkin ia akan menjadi batu. Homer, seorang Yunani, pernah berbicara tentang seorang bermuka jelek, yang kepalanya digambarkan dalam Illiad sebagai orang yang ada di bawah naungan Zeus. Seorang Yunani lainnya, Hesiod, menambahkan bahwa ada tiga Gorgon yang terkenal: Stheno (yang perkasa), Euryale (pelompat jauh), dan Medusa (sang ratu).

10. Zombie (Amerika Latin)
Zombie adalah mayat yang hidup kembali dengan tanpa kesadaran. Cerita tentang zombie berasal dari Afro-Karibia, yang muncul dari adanya sistem kepercayaan spiritual Voodoo. Versi lain yang lebih mengerikan dari zombie telah menjadi dasar cerita fiksi horor modern, di mana mereka dibawa kembali dari kematian oleh seorang dukun atau dengan cara-cara ilmiah, dan memangsa manusia yang masih hidup. Mereka memiliki kecerdasan sangat terbatas, dan mungkin juga tidak berada di bawah kendali langsung siapa pun.

Related Post:


2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...