Penasaran kenapa nama blog ini "Music Online 88"? klik disini untuk penjelasanya :D

Tips Mengatasi Kebosanan

Apa kau merasa bosan dengan pekerjaan, hubungan atau hidup mu? Rasa bosan adalah hal yang kompleks. Ada banyak sebab yang membuat orang merasa bosan. Salah satunya adalah karena tidak tahu apa yang akan dilakukan. Alasan lain misalnya sedang malas atau lelah, atau sedang tidak ingin melakukan apapun. Atau mungkin juga karena merasa tidak sanggup melakukan hal-hal yang diinginkan.


Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi kebosanan:



1. Cari tahu mengapa kau merasa bosan.

          - Cobalah untuk aktif bersama group atau orang lain.
- Lakukan hal-hal lain, misalnya surfing di internet, berjalan-jalan, atau membuat karya seni dan kerajinan tangan.
- Jika bosan karena terlalu sering melakukan sesuatu yang sama, cobalah untuk menambahkan sesuatu yang baru atau lakukan dengan cara yang berbeda.
- Jika bosan karena merasa malas atau lelah, cobalah untuk tidur.
- Jika bukan karena kurang tidur, cobalah untuk melakukan sesuatu yang sederhana atau bisa dilakukan dalam waktu singkat.
- Jika di sebabkan karena merasa tidak mampu melakukan sesuatu yang ingin dilakukan, cobalah untuk memikirkan aktivitas yang baru.
- Jika bosan karena tidak bisa memikirkan apapun yang ingin dilakukan, mulailah dengan melakukan aktivitas fisik. Ini untuk menyegarkan pikiran.
- Jika bosan karena kesal dan tidak bisa menemukan aktivitas yang menarik, temui seseorang untuk di ajak ngobrol dan membantu meredakan emosi, serta mencari ide.


2. Buang rasa bosan dengan melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.
Misalnya melalui situs Freerice yang akan menyumbangkan 10 bulir beras pada mereka yang kelaparan untuk setiap 1 pertanyaan yang kau jawab dengan benar.

3. Ubah cara berpikir. Kebiasaan di pengaruhi oleh pikiran.
Jadi, untuk mendapat kebiasaan yang baru, ubahlah pemikiran mu mengenai arti dari emosi dan pengalaman. Cari inspirasi dengan cara menetapkan target jangka panjang. Target yang kuat akan membuat mu terinspirasi. Saat mulai terinspirasi untuk membuat hidup jadi lebih baik, itu akan menjauhkan rasa bosan.

4. Mainkan imajinasi. 
Bayangkan sesuatu untuk merangsang pikiran. Visualkan di mana kau ingin berada dan hal-hal yang ingin kau wujudkan. Gunakan imajinasi untuk mendapat pengalaman dari situasi yang kau inginkan dalam hidup mu. Dengan imajinasi, kau bisa menciptakan pengalaman apapun yang kau inginkan.

5. Ngobrol. 
Jika orang di sebelah terlihat sama bosannya dengan mu, mulailah memancing pembicaraan. Topik yang paling cocok mungkin adalah tentang betapa bosannya situasi saat itu. Jika kebetulan mendapat lawan bicara yang baik, situasi yang membosankan tersebut pasti akan segera berlalu. Bahkan mungkin kau bisa belajar sesuatu darinya.

6. Bergerak. 
Ubah posisi tubuh. Berjalan atau lakukan suatu aktitivitas fisik yang cukup melelahkan.

7. Buat catatan harian mengenai perasaan dan pemikiran. 
Salah satu cara untuk tahu apa yang menyebabkan mu menjadi bosan adalah dengan bertanya pada diri sendiri, lalu cobalah untuk benar-benar mencari jawabannya. Tuliskan semua perasaan dan pemikiran selama satu minggu, lalu amati dan refleksikan.

8. Ciptakan rasa ingin tahu. 
Pancing diri mu untuk merasa ingin tahu terhadap apa yang sedang terjadi pada diri dan sekitar mu. Hidup akan terasa membosankan jika terlalu sering melakukan kebiasaan dan aktivitas yang sama. Cobalah untuk melakukannya dengan cara yang berbeda, dan buat diri mu merasa tertarik untuk mencoba berbagai pilihan lain.

9. Cari, baca, dengar, lihat atau lakukan sesuatu yang menyenangkan, menarik, dan menghibur.

10. Keluar, lihat dan rasakan pengalaman-pengalaman yang baru.

11. Selesaikan semua urusan yang mungkin masih tertunda.

12. Nonton film atau dengerin musik.

13. Mainkan peralatan baru mu (cell phone, iPod, camera, etc.).

14. Buat daftar hal-hal yang ingin kau lakukan.
Dan gunakan daftar tersebut untuk mencari aktivitas yang bisa di lakukan saat kau merasa bosan.

15. Cari sebuah hoby, 
misalnya mendaki gunung, merajut, menggambar, bermain musik, memasak atau photography. Jika memiliki suatu keahlian, ajarkan orang lain sebagai aktivitas alternatif untuk menjauhkan rasa bosan.

16. Hindari orang atau situasi yang membosankan.
Kita memang tidak boleh meninggalkan tanggung jawab begitu saja, tapi kita juga perlu sedikit ruang untuk melakukan hal-hal yang lebih menarik dan membuat kita jadi termotivasi.

17. Buat daftar keinginan, dan dapatkan hal-hal yang baru setiap hari.

18. Mendaftar jadi sukarelawan.

19. Cari uang.

Related Post:


0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...